Yakin Khimar Syari Bahan Sifon Bisa Awet? Cermati Dulu Cara Rawatnya!

Yakin Khimar Syari Bahan Sifon Bisa Awet Cermati Dulu Cara Rawatnya

Khimar mendadak populer dikalangan pecinta fashion muslim tahun ini. Terlebih lagi dengan kemunculan khimar syari bahan sifon yang notabene membuat penampilan jauh lebih menarik.

Bahan sifon masih menjadi favorit dikalangan masyarakat karena memiliki keunikan yang khas. Dengan motif beragam dan juga teksturnya yang halus, tidak heran bila jenis busana yang satu ini digandrungi siapa pun. Disamping itu, bahan sifon bisa Anda gunakan sebagai pengganti sutera atau satin karena memberikan kesan elegan dan cocok untuk acara pesta atau formal. Namun demikian, beberapa hal harus Anda perhatikan supaya kualitas sifon tidak menurun karena bahan ini cenderung lebih murah.

Cara Merawat Khimar Syari Bahan SifonYakin Khimar Syari Bahan Sifon Bisa Awet Cermati Dulu Cara Rawatnya

 

Kenali Dulu Bahannya

Jadi, kain sifon tidak melulu terbuat dari serat polyster. Ada jenis sifon yang terbuat dari kain sutera dengan tekstur tipis dan lebih mudah kusut. Dengan mengetahui jenis bahan sifon, Anda nantinya tahu bagaimana cara perawatan yang benar. Terutama saat mencuci. Mau menggunakan dry clean, cuci dengan tangan atau dengan mesin cuci. Anda pun nanti juga bisa menentukan apakah khimar syari bahan sifon yang dimiliki boleh dicuci dengan deterjen atau tidak.

Hindarkan Dari Pakaian yang Mudah Luntur

Seperti saat kita mencuci pakaian, baiknya pisahkan khimar dari pakaian yang mudah luntur dan pakaian berwarna. Ini untuk menghindarkan khimar dari noda warna, karena bila ini terjadi akan sulit dibersihkan.

Jangan Disikat

Meskipun khimar syari bahan sifon memiliki tekstur yang halus, namun bukan berarti Anda boleh menyikatnya karena bisa membuat serat kain cepat terkikis. Selain itu, sifon Anda jadi mudah rusak seratnya. Cukup dikucek bagian yang kotor agar kecantikan khimar terjaga.

Hindari Memeras Kain Sifon Terlalu Keras

Hindari memeras kain sifon terlalu keras, karena bisa membuatnya cepat kusut. Apa lagi kalau Anda mnyetrikanya dengan suhu tinggi, ini bisa merusak serat kain. Selain itu, jemur khimar syari bahan sifon Anda hanya di tempat teduh supaya warna khimar tidak cepat pudar. Lagi pula, karena sifon ini tipis, tidak masalah menjemurnya ditempat teduh karena lebih cepat kering.

Lapisi Khimar Syari Bahan Sifon dengan Kain Pelapis Saat Menyetrika

Sama seperti saat Anda menjemur khimar sifon, baiknya lapisi khimar dengan kain pelapis yang tidak terlalu tebal. Selain agar sifon cepat rapi, ini juga menghindarkan khimar dari kerusakan warna dan membuatnya cepat kusam.

Pertahankan Bentuk Khimar Dengan MenggantungnyaYakin Khimar Syari Bahan Sifon Bisa Awet Cermati Dulu Cara Rawatnya

Khimar baiknya jangan dilipat supaya tidak menimbulkan bekas lipatan yang mengganggu penampilan. Anda bisa memilih gantungan khusus agar khimar sifon tetap halus dan rapi. Pakaikan pengharum pakaian supaya tidak apek dan jangan lupa membuka lemari pakaian setiap pagi supaya khimar terbebas dari jamur.

Jangan Menggunakan Banyak Detergen Atau Pemutih Saat Terkena Noda Minyak

Detergen memang sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran. Akan tetapi ini tidak baik bila digunakan terlalu banyak pada khimar syari bahan sifon. Ini bisa membuat warna cepat pudar serta serat kain jadi cepat rusak. Untuk mengatasi noda minyak, Anda bisa menggunakan bedak tabur lalu menguceknya saat masih kering. Setelah itu, rendam cucian sebentar saja dengan detergen lalu cuci seperti biasa. Noda minyak dipastikan segera menghilang.

Khimar syari bahan sifon memang memiliki banyak sekali keuntungan dan dianggap sebagai jenis kain yang awet. Akan tetapi, beberapa perawatan harus tetap diperhatikan supaya bisa dipakai sampai kapanpun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *