Ingin Gamis Syari Anda Awet? Lakukan Perawatan Ini!

gamis syari

Gamis syari memang sedikit berbeda dari kebanyakan model baju lainnya. Karena itu, baju gamis membutuhkan perawatan yang istimewa agar tahan lama dan nyaman saat dikenakan. Begitu pula cara mencucinya.

Kebanyakan baju gamis bersifat elastis, adem dan lembut. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali menyikat atau menguceknya terlalu keras. Ini bisa merusak keindahan gamis. Untuk itu, perhatikan tips berikut!gamis syari

Cara Merawat Gamis Syari Agar Awet

 

Pisahkan Gamis Syari Dengan Baju Biasa

Saat mencuci baju gamis, Anda disarankan memisahkan jenis pakaian. Terutama untuk pakaian biasa dan baju gamis. Bahan-bahan gamis umumnya dibuat spesial supaya  nyaman dikenakan. Umumnya karakter baju gamis tersebut lembut, halus dan mudah jatuh. Jadi, hindari mencampurnya dengan jeans, kemeja dan lainnya. Selain itu, banyak jenis gamis yang menyerap kotoran. Kalau dicampur bukannya cucian akan bersih malah tambah kotor.

Pisahkan Pakaian Yang Mudah Luntur

Kadang-kadang kita suka tertipu soal pakaian mahal yang ternyata mudah luntur. Untuk menghindari hal ini, pemisahan pakaian yang mudah luntur dengan baju putih dan warna cerah wajib Anda lakukan.

Jangan Merendam Pakaian Terlalu Lama

Perlu Anda ketahui, kebanyakan bahan gamis ini cepat menyerap materi dari luar, termasuk deterjen. Terlalu merendam baju gamis bisa merusak kain dan membuat warnanya cepat pudar. Waktu paling lama merendam baju sebaiknya tidak lebih dari 1 jam.

Hindari Menyikat Baju Gamis

Terkadang pakaian kita terkena lumpur atau noda makanan. Tentu saja hal ini membuat siapa saja “gatal” dan ingin menyikatnya agar cepat bersih. Untuk itu, baiknya tidak menyikat baju karena bisa merusak serat dan warna. Cuci gamis dengan tangan secara lembut dan kucek bagian yang kotor saja.

Jangan Terlalu Keras Saat Memeras

Gamis biasanya terbuat dari bahan-bahan yang elastis. Anda tidak disarankan memeras gamis terlalu keras karena bisa merusak elastisitas serat kain. Bila Anda terlalu keras saat memeras, dikhawatirkan gamis bisa melar dan tidak enak lagi dipakai setelah beberapa waktu. Yang paling baik yaitu dengan menggunakan hanger. Cukup peras sedikit lalu hanger segera agar air lekas turun dan menguap.

Tidak Dijemur Di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari berpotensi membuat pakaian Anda menjadi kusam. Sebisa mungkin hindari ini. Merawat baju gamis syari yang benar yaitu tidak menjemur di bawah terik matahari. Cukup taruh di tempat yang rindang dan sejuk agar warnanya juga awet. Satu lagi, gantung baju gamis Anda dengan hanger agar tidak kusut serta cepat kering. Cara ini juga akan menghindarkan gamis tergores tali jemuran.

Hindari Suhu Setrika Terlalu Tinggigamis syari

Kadang memang kesal saat membeli baju gamis, tapi bahannya mudah kusut sehingga memaksa kita untuk menyetrika. Apa boleh buat, Anda wajib menghindari suhu panas bila tidak ingin serat kain gamis rusak. Atau, Anda bisa meletakkan kain di bawah setrika supaya bisa rapi tanpa harus merusak warna.

Lihat Aturan Cuci Di Label Baju Gamis

Ini yang biasanya kita abaikan. Setiap baju selalu diberi label aturan perawatan karena memiliki bahan yang berbeda. Termasuk gamis! Beberapa bahan seperti wool atau sutera dan juga jersey harus menggunakan perawatan khusus agar tetap awet dan terjaga kualitasnya. Beberapa gamis syari juga tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan juga harus menggunakan detergen khusus. Perhatikan label ini baik-baik agar pakaian Anda lebih awet. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *