Tidak Takut Kepanasan Lagi Kalau Tahu Cara Pilih Bahan Baju Gamis Yang Pas!

baju gamis

Membeli baju gamis memang gampang-gampang susah. Selain harus menyesuaikan dengan desain, Anda harus memikirkan jenis bahan yang benar-benar terasa nyaman saat dikenakan setiap hari. Apa lagi saat aktifitas padat. Banyak sekali para hijaber pemula yang kesulitan memilih busana gamis yang tepat sehingga mereka merasa kepanasan saat aktifitas benar-benar sibuk. Karena itu, pastikan jenis-jenis bahan untuk busana gamis ini juga tahu agar ke depan tidak salah pilih lagi. Berikut tipsnya!baju gamis

Jenis-jenis Bahan Kain Yang Bagus Untuk Baju Gamis

Kain Satin

Kain satin merupakan kain pengganti sutera. Serat kain satin ini terbuat dari bahan polyster dengan ciri khas berkilau dan kesan jatuh yang cantik. Umumnya bahan ini lebih banyak digunakan untuk dress karena lembut dan halus. Bila Anda memiliki budget terbatas untuk pesta, kain satin bisa dijadikan alternatif murah tapi tidak meninggalkan kesan glamour yang masih ekstrem.

Kain Wolfis

Kain jenis ini juga biasa disebut dengan kain arab. Karakter utama kain ini sangat lembut dan ketebalannya pas, sehingga sangat cocok digunakan untuk busana gamis.

Kain Jersey

Satu lagi kain yang paling difavoritkan para hijabers adalah jersey. Kain ini memiliki karakter tebal, jatuhnya cantik dan elastis.  Pilihan kain jersey akan menghindarkan Anda dari kesan baju menerawang. Anda pun nyaman beraktifitas meskipun menggunakan baju gamis yang tebal.

Kain katun

Untuk kain katun sendiri sudah sangat umum dipakai pada berbagai macam jenis busana termasuk gamis. Kain ini memiliki banyak keunggulan  seperti mudah menyerap keringat, adem, warna tidak mudah luntur dan tidak cepat kusut saat digunakan.

Gamis dengan bahan dari kain katun ini biasanya jauh lebih murah dan cocok untuk berbagai aktifitas.

Kain Jetblack

Kain Jetblack umumnya dikenakan oleh wanita muslimah yang ingin secara total menutup aurat. Kain ini hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu hitam. Keunggulan kain Jetblack yaitu ketebalan yang pas dan tidak berat saat dipakai. Tidak heran bila banyak wanita yang lebih memilih kain jetblack untuk membuat burqa karena terasa adem saat dikenakan.

Kain Sutera Cina

Selanjutnya adalah kain sutra Cina. Kain ini sering digunakan sebagai bahan utama membuat baju gamis karena memiliki kesan glamour dan enak saat dipakai. Kain sutera cina terbuat dari serat benang sutera yang ditenun dengan cara sederhana.  Meskipun bahan ini terlihat mewah, Anda harus ekstra hati-hati saat melakukan perawatan, terutama saat menyetrika. Jangan lupa melapisi kain dengan bahan yang lain agar sutera tidak terkena panas berlebih. Hal ini bisa merusak kualitas kain.

Kain Shantung

Bagi penggemar batik, kain Shantung sangat pas bila busana gamis jadi pilihan utama. Kain ini memang biasanya digunakan untuk batik cap dan printing. Teksturnya juga halus dan dingin. Meskipun secara umum kain ini rasanya sedikit kaku, kain Shantung bisa menjadi pilihan yang pas.baju gamis

Kain Sifon

Kain sifon adalah alternatif terkahir untuk pilihan baju gamis Anda. Kain ini memiliki karakteristik licin, sedikit tipis dan lebih kaku. Namun demikian, kain ini memberikan kesan yang mewah, apa lagi kain sifon memiliki banyak motif. Bila Anda memilih sifon sebagai busana utama, jangan lupa memastikan ada inner, supaya baju tidak menerawang. Pastikan inner yang digunakan juga serap keringat.

Itulah tips penting yang wajib diperhatikan sebelum membeli baju gamis. Pilihan bahan yang tepat tentunya akan mempermudah aktifitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *