Tips Agar Mukena Bordir Tidak Mudah Rusak Saat Dicuci

mukena bordir

Mukena memiliki beragam variasi yang semakin berkembang sesuai dengan perkembangan fashion yang ada. Adapun variasi tersebut bisa Anda temukan pada segi bahan mukena, desain mukena dan juga model mukena yang ada. Model mukena ini juga memiliki banyak variasi, salah satunya adalah memiliki bordiran pada bagian-bagian tertentu untuk mempercantik tampilan mukena yang ada. Mukena bordir ini menjadi salah satu pilihan para Musimah untuk dipakai beribadah kepada Sang Pencipta. Bordiran yang ada pada mukena ini harus Anda rawat dengan baik agar keindahannya tetap terjaga. Oleh sebab itu, dibawah ini akan dijelaskan berbagai tips merawat mukena dengan hiasan bordir agar tidak mudah rusak.mukena bordir

Beberapa Tips Agar Mukena Bordir Tidak Mudah Rusak Saat Dicuci

Terkadang, mukena yang memiliki hiasan bordiran cukup sulit untuk dirawat. Pastinya akan muncul ketakutan tersendiri bagi Anda akan rusaknya mukena ini. Saat menghadap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, seseorang tentu akan memperhatikan penampilannya termasuk kondisi mukena yang dipakai. Para Musimah yang begitu memperhatikan penampilannya ingin terlihat cantik didepan semua orang apalagi dihadapan Allah SWT. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini akan dibagikan tips agar mukena ini awet atau tidak mudah rusak.

1. Hindari Mencuci dengan Mesin
Tips pertama agar mukena bordir yang Anda punya tidak mudah rusak saat dicuci adalah usahakan untuk mencuci mukena tersebut tidak menggunakan mesin cuci. Saat Anda ingin mencuci mukena ini, Anda bisa mencucinya langsung dengan tangan Anda dan pisahkan mukena Anda dengan pakaian yang lainnya. Apalagi jika mukena Anda berwarna putih. Hal ini akan membuat mukena Anda mudah luntur karena pakaian lain. Mencuci mukena ini dengan mesin cuci akan menyebabkan beberapa hal yang tidak menyenangkan yaitu bordiran yang ada pada mukena menjadi rusak, bahan mukena yang ada jadi mudah rusak dan warnanya juga akan menjadi pudar.

2. Perhatikan Sabun yang Anda Gunakan
Tips yang selanjutnya adalah perhatikan sabun yang akan Anda gunakan untuk mencuci. Apabila mukena Anda terkena kotoran yang mungkin sulit untuk dihilangkan, Anda bisa merendam terlebih dahulu mukena bordir tersebut dengan air hangat dan detergen selama 10 menit. Rendaman air hangat ini akan menjaga kelembutan yang ada pada serat mukena. Jika Anda kehabisan detergen, Anda bisa menggunakan shampoo atau sabun yang dikucekkan lebih dulu pada bagian yang terkena noda. Usahakan untuk tidak menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan kotoran yang ada karena akan merusak mukena Anda.

3. Hati-hati Saat Menjemur Mukenamukena bordir
Tips yang terakhir yang bisa Anda lakukan lainnya adalah perhatikan cara Anda menjemur mukena bordir Anda. Setelah Anda mencuci mukena tersebut, Anda bisa menjemurnya dengan membalikkan mukena Anda lebih dulu agar warna mukena ataupun bordiran yang ada tidak mudah pudar. Sinar matahari yang ada juga dapat membuat kusam bordiran mukenanya. Anda bisa menjemur mukena Anda di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari dan usahakan untuk tidak memeras mukena dengan keras.

Selain menerapkan tips agar mukena bordir tidak gampang rusak saat dicuci, Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanan mukena Anda. Saat menyimpan mukena didalam lemari, sebaiknya Anda menggantungkannya saja dibandingkan melipat mukena tersebut karena bentuk lipatan Anda terkadang tidak sesuai dengan lipatan sebelumnya sehingga kurang indah dilihat. Jangan lupa untuk menyemprotkan wewangian agar mukena Anda tetap harum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *